Jumat, 01 Maret 2013

Mengenal mesin 2 tak


Kali ini aku mau bahas mesin 2 tak. Gambaran singkat mengenai bagaimana mesin 2 stroke bekerja, dan akan difokuskan terutama pada desain khas untuk mesin nitro rc. Namun, prinsip-prinsip mendasar mesin 2 stroke masih sama. Lha terus proses kinerjanya  seperti apa ? Kurang lebih seperti ini ;  Saat piston naik ke atas, ini menciptakan ruang hampa / hisap di daerah crankcase mesin. Udara & bahan bakar dicampur dalam karburator dan kemudian ditarik ke dalam mesin 2 stroke melalui port inlet crankshaft. Udara / campuran bahan bakar kemudian melakukan perjalanan melalui bagian dalam crankshaft. crankshaft ini berongga pada jenis ini mesin nitro rc, dan hal ini bertindak sebagai bagian transfer / terowongan antara karburator dan crankcase. Sebagai crankshaft berputar, inlet port crankshaft ditutupi dan kemudian terungkap. 


Nah waktu berputar, crankshaft ini bertindak port inlet sebagai katup putar untuk jenis mesin 2 stroke.
Saat piston turun, crankcase bertekanan sebagai bagian bawah piston akan ke bawah dan mengkompres udara / bahan bakar campuran di crankcase bawah. Saat piston bergerak lebih bawah, port inlet di dinding silinder ditemukan dan udara bertekanan / bahan bakar campuran dipaksa ke ruang pembakaran.  crankshaft terus berputar dan piston mulai bergerak ke atas, lebih banyak udara & bahan bakar ditarik ke dalam bak mesin tersebut. Pada saat yang sama, udara / campuran bahan bakar yang terjebak di atas piston di ruang bakar dikompresi.  Kemudian percikan api akan membakar plug udara / campuran bahan bakar. Bila piston bergerak ke bawah, maka knalpot  akan membuang gas yang dihasilkan tadi  (sistem pembuangan.). 
piston terus bergerak ke bawah, lebih banyak udara / campuran bahan bakar yang bertekanan dan mendorong ke pembakaran melalui port inlet. Kemudian siklus dimulai lagi. Sistem pembuangan mesin 2 stroke adalah kunci  yang penting untuk memaksimalkan kinerja. 

Sebuah mesin 2 stroke menghasilkan 1 daya untuk setiap 2 siklus, Pada mesin 2 stroke, ada siklus kekuatan untuk setiap revolusi crankshaft.  Nah kenapa mesin 2 tak itu lebih kuat (cepat) dari mesin 4 tak.  

Kalo bicara enaknya seperti ini ;  2 putaran dapat 1 tenaga… untuk mesin 4 tak,  4 putaran baru dapat 1 tenaga…  karena mesin 2 tak ini punya sifat yang pembakarannya secara langsung jadinya harus berasap… tapi dari segi maintenance 2 tak lebih simple disbanding mesin 4 tak (pendapat saya lho ya?)

Semoga bermanfaat...



0 comments:

Posting Komentar